TIPS CARA MEMILIH BAGIAN DAGING KAMBING

Tips cara memilih dan mengenali bagian daging kambing atau Domba untuk diolah menjadi masakan yang enak, lembut atau empuk dan lezat rasanya. Setiap jenis bagian daging kambing itu berbeda penanganan dan pengolahannya. Misalnya bagian Iga (Rib) merupakan bagian yang paling baik diolah menjadi steak yang lezat.

Sebelum mengolah berbagai jenis makanan dari daging kambing atau Domba, kenali terlebih dulu bagian-bagiannya dengan tepat. Berikut adalah ilustrasi peta daging kambing.


Berikut adalah penjelasan bagian daging kambing yang bisa Anda pilih untuk masakan Anda.

  1. Kaki depan (lamb foreshank). Bagian ini terdapat di bagian paha sampai kaki. Terbagi menjadi dua macam, yaitu kaki depan dan kaki belakang. Kaki depan lebih keras dibandingkan kaki belakang karena kaki depan memiliki lebih banyak otot daripada lemak. Karena itu, pengolahan kaki kambing bagian depan harus lebih lebih lama daripada kaki belakang. Cocok diolah untuk: Aneka makanan berkuah yang dimasak dalam waktu yang lama, seperti semur, kari, dan sup. (kreasimasakan.blogspot.com)
  2. Sengkel (lamb shank). Kaki belakang ini memiliki tekstur yang lebih empuk dibandingkan kaki depan. Cocok diolah untuk: roast lamb, semur.
  3. Panggul (lamb leg). Karakter dari daging panggul ini adalah teksturnya yang lebih empuk dibandingkan sengkel atau lamb shank. Aromanya pun tidak terlalu kuat karena kadar lemaknya lebih sedikit dibanding bagian perut. Cocok diolah untuk: sate kambing, gulai, dan tongseng kambing.
  4. Iga (rib). Pada umumnya bagian ini lebih empuk dan biasa disajikan dalam olahan bakar atau sup. Sebelum proses pembakaran, sebaiknya iga kambing direbus terlebih dulu menggunakan panci bertekanan tinggi dengan menambahkan daun salam, serei, kunyit untuk menghilangkan bau prengus. Selain itu, campuran bumbu ini juga dapat menghilangkan efek lengket akibat lemak dari iga. Cocok diolah untuk: iga bakar, sup.
  5. Has luar (sirloin). Bagian ini merupakan bagian daging yang memiliki tekstur empuk dan biasanya terdapat sedikit lemak. Cocok diolah untuk: rendang, steak, sate.
  6. Has dalam (tenderloin). Seperti juga daging sapi, daging has dalam dari kambing merupakan salah satu bagian yang terbaik karena teksturnya yang empuk dibandingkan daging has luar atau sirloin. Cocok diolah untuk: tongseng, sate.
  7. Bahu (chateaubriand). Chateaubriand merupakan bagian daging kambing yang terletak pada punuk bagian atas. Bahu merupakan salah satu bagian yang empuk dan lebih mahal dibandingkan bagian manapun. Cocok diolah untuk: steak dan sate
This entry was posted in resep aneka tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s