RESEP MINUMAN TRADISIONAL ES DALUMAN SI CINCAU HIJAU KHAS BALI

RESEP MINUMAN ES DALUMAN KHAS BALI. Daluman adalah Minuman Tradisional Bali sejenis Cincau Hijau yang memiliki nama lokal seperti camcao, juju dan kepleng. Masyarakat Sunda menyebutnya camcauh atau tahulu. Minuman Segar ini banyak juga disukai di Bulan Ramadhan Bulan Puasa Umat Muslim di Indonesia.

SEKILAS TENTANG DALUMAN SI CINCAU HIJAU :

Tumbuhan yang bernama latin Cylea barbata Myers ini merupakan tumbuhan merambat. Dengan diameter batang yang kecil, panjang tanaman daluman dapat mencapai belasan meter. Kulit batangnya kasap. Sementara itu daunnya berbentuk perisai. Warna daunnya hijau pucat dan mempunyai permukaan yang agak berbulu. Tergantung jenisnya, ada juga daun daluman yang licin mengkilap. Akan tetapi yang lebih sering dijadikan minuman adalah jenis daun dengan permukaan berbulu. Kenapa? Karena rasanya lebih enak, lebih awet dalam arti kata tidak gampang mencair. Jenis inilah yang paling sering dijual dan paling laku di pasaran.

CARA MEMBUAT DALUMAN SI CINCAU HIJAU :

Daun yang sudah dicuci bersih diremas-remas sampai mengeluarkan cairan hijau yang berbusa. Daun yang sudah “remuk” ini kemudian direndam dalam air matang sampai membentuk cairan yang encer. Sebelum cairan terlanjur kental, ampas daun harus segera dipisahkan dengan cara menyaringnya. Diperlukan waktu antara 3-4 jam agar cairan dapat mengeras. Saripati daluman dapat langsung diminum dalam keadaan cair. Selain sebagai bahan baku minuman dingin, daluman dapat dijadikan bahan campuran agar-agar.

Dalam proses pembuatannya, ada yang merebus daun terlebih dahulu dan menambahkan soda kue sebagai pengawet. Ada juga yang memberi campuran daun jempiring (kacapiring) untuk mempercepat proses pengentalan.


BAHAN :

  • 50 gr Cincau Hijau
  • 50 gr Kolang Kaling
  • 250 cc Santan cair diambil dari kelapa bakar
  • Es Serut
  • 100 cc Gula Aren cair

CARA MEMBUAT ES DALUMAN CINCAU HIJAU DAN CARA PENYAJIAN :

  1. Potong cincau hijau, sisihkan.
  2. Rebus kolang kaling hingga matang, tiriskan. Sisihkan
  3. Rebus santan dengan api kecil sambil terus diaduk, hingga matang.
  4. Tuang santan ke dalam mangkuk dan setengah bagian gula merah. Masukkan cincau hijau dan kolang kaling. Tambahkan es di atasnya. Tuang sisa gula merah di atasnya. Sajikan.
This entry was posted in Resep aneka ES. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s