KHASIAT DAN MANFAAT BUAH TOMAT UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN KULIT

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH TOMAT BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA DAN UNTUK KECANTIKAN KULIT MANUSIA. TOMAT (Tomato) dengan nama latin (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.

Khasiat dan manfaat Tomat bisa untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan wajah. Kata “tomat” berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (dilafazkan: /tɔ.matɬ/)

Berdasarkan kegunaan

Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah malah di beberapa masakan tomat menjadi bumbu masakan untuk mendapatkan rasa asam di masakan.


Tomat Berdasarkan Penampilan

Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.

Dari ukuran dan bentuk, orang mengenal kelompok tomat

  1. Granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
  2. Gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar ‘Gondol Hijau’ dan ‘Gondol Putih’, dan keturunan dari kultivar impor ‘Roma’) dan termasuk pula tomat buah,
  3. Sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
  4. Tomat Ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Kandungan Nutrisi Tomat Mengandung banyak Gizi dan Vitamin :

  1. Tomat diperkaya dengan vitamin C, sebuah nutrisi yang menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat.
  2. Tomat mengandung phytonutrient (nutrisi yang didapatkan dari tumbuhan termasuk buah) yang disebut likopen yang telah terbukti dalam beberapa penelitian melawan penuaan dan memiliki sifat-sifat antikanker. Likopen efektif untuk melawan kanker prostat dan usus besar.
  3. Likopen yang terkandung di dalam tomat juga membantu melawan kerusakan gen yang berpotensi menimbulkan penyakit.
  4. Tomat merangsang terbentuknya asam amino karnitina yang terbukti dalam penelitian mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh lebih dari 30 persen.
  5. Penelitian menunjukkan likopen yang terkandung di dalam tomat, kalau dikonsumsi secara teratur, dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 29 persen.
  6. Kurangnya asupan likopen dalam makanan yang dikonsumsi wanita menopause dikaitkan dengan osteoporosis.
  7. Tomat segar dan ekstrak tomat terbukti dalam penelitian dapat menurunkan total kolesterol, kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida. Tomat juga terbukti dapat mencegah penggumpalan darah (dikenal sebagai agregasi trombosit), yang merupakan faktor risiko untuk aterosklerosis
  8. Tomat juga mengandung phytonutrient lain, termasuk betakaroten, lutein, dan zeaksantin, yang baik untuk mata dan membantu melindungi mata Anda dari degenerasi.
  9. Tomat lezat dan serbaguna. Tomat bisa dipadukan dalam pasta, salad, sup, kari, semur, dan berbagai masakan favorit Anda.
Sebagaian orang mengatakan tomat seharusnya dimakan setelah dimasak untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal. Itu tidak sepenuhnya benar. Meski likopen diserap maksimal dari tomat yang sudah dimasak, vitamin C dan enzim-enzim lain yang terkandung dalam tomat paling banyak terkandung pada tomat yang tidak dimasak dalam artian tomat mentah.

Saya menyarankan untuk memadukan keduanya. Nikmati tomat masak dalam sup, semur, dan kari. Makan tomat mentah dalam salad, sandwich, salsa Jus Tomat.

Penelitian menunjukkan bahwa likopen yang terkandung dalam tomat kuning dan oranye diserap lebih maksimal daripada likopen yang terkandung dalam tomat merah. Jadi jangan lupa untuk menyempatkan diri memakan kedua jenis tomat itu.

Berikut manfaat tomat untuk kecantikan jika Anda mengkonsumsi tomat, anda tidak perlu lagi terlalu sering ke salon-salon kecantikan, cukup konsumsi buah tomat setiap hari :

  1. Mengecilkan pori – pori kulit : Pori – pori kulit yang besar memungkinkan kotoran mudah masuk dan menyebabkan terjadinya infeksi. Resepnya, ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran ini pada wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar. Biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasi teratur akan mengecilkan pori-pori lebih cepat.
  2. Menyembuhkan Jerawat : Jerawat yang sering muncul adalah pertanda kulit yang tidak sehat dan kekurangan vitamin A dan C. Dengan mengkonsumsi tomat, tubuh mendapat suply vitamin A dan C yang cukup sehingga jerawat dapat disembuhkan secara alami. Selain dikonsumsi, tomat juga bisa di oles ke jerawat. Caranya, potong tomat menjadi dua bagian dan oleskan pada wajah. Untuk jerawat parah masker tomat segar bisa digunakan. Buat bubur atau pasta tomat lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama satu jam. Bilas dan gunakan pelembab. Lakukan ini secara teratur atau sebanyak yang Anda bisa. Jerawat dijamin akan mengering dan kulit kembali mulus.
  3. Mengatasi kulit berminyak Buat jus dengan bahan tomat dan ketimun kecil. Oleskan jus ke seluruh wajah, niscaya wajah tidak lagi menjadi berminyak.
  4. Tomat bisa menghilangkan komedo : Komedo adalah salah satu yang membuat kulit wajah terlihat tidak menarik. Untuk menghilangkan komedo, buat masker tomat dan alpukat. Buah tomat akan bekerja sebagai penghilang komedo dan buah akpukat sebagai antiseptik dan pelembab muka. Cara membuat, tumbuk satu buah tomat dan tambahkan tumbukan alpukat sebagai kombinasi pembersih dan pelembab kulit. Dua kombinasi alami ini bisa menenangkan dan membersihkan kulit, cocok untuk kulit berminyak dan kering. Kaya vitamin A, C dan E. Terapkan paket ini, diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat.
  5. Menyembuhkan kulit yang meradang : Kulit meradang bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya mungkin karena sengatan matahari langsung. Efek kulit meradang seperti kemerahan dan gatal-gatal pada kulit. Cara membuatnya, parut setengah tomat dan campur dengan dua sendok makan yogurt polos. Oleskan ramuan ini pada wajah, leher, tangan dan kaki. Bilas setelah 20 menit. Tomat mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit, sementara yoghurt memberi protein yang sangat dibutuhkan kulit. lebih lembut dan kenyal.
  6. Menjadikan kulit lebih bercahaya : Buat pasta dari madu dan jus tomat. Oleskan pada wajah setiap hari selama 15 menit, pasta tomat bisa juga dioles ke bagian tubuh lain yang diinginkan. Dengan pemakaian teratur kulit dan wajah anda akan menjadi segar dan terlihat bercahaya.
This entry was posted in resep aneka tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s